Mobil di nyalakan terasa bau bensin, tembok dekat moncong
knalpot jadi hitam, asap terasa pedih di mata, mesin mbrebet, tarikan
mesin terasa berat, nyendal2, di antrian trafik light atau jalan padat
merayap mesin kadang mati sendiri, .... ???
Saatnya praktek setel karbu....
- Setel gas ( sekrup RPM ) pada karburator agak tinggi, agar mesin tidak mudah mati pada saat penyetelan
- Putar penyetel angin ( sekrup IDLE UP ) searah jarum jam ( kanan ) sampa mentok, tapi jangan sampai dikeraskan karena bisa merusk omponen karburator.
- Putar lagi ( sekrup IDLE UP ) melawan arah jarum jam ( kekiri ) sampai ditemuka putaran mesin tertinggi ( pada saat putaran mesin tertinggi diartika campuiran bahan bakar dan udara paling sesuai dengan AFR ( air fuel ratio )
- Jika putaran mesin tertinggi sudah ditemukan, kembalikan posisi setelan gas ( sekrup RPM ) pada posisi semula ( putaran stationer ) yang paling nyaman.
- Penyetelan telah selesai dilakukan
SALAM ESTEEMOVER
Share This Article
7 komentar:
Artikelnya bagus, sangat bermanfaat
Artikel mantul, kalau ada yang tau setting choke auto saat mesin masih dingin, tolong di info kan terima kasih
Gan,kalo esteem 1,6 sering ngadat waktu tanjakan, knp ya? Oh ya sekalian kalo mau beli swith selenoid karbu dmn ya? Susah bner nyarinya
Om, kalau packing bonit nya diganti packing biasa ngaruh g ya di karbu? Punya saya kok susah langsam kata bengkelnya karena paking bonit engga ada
Ada cara seting carbu esteem 1.6? Posisi setelan anginnya dimana ya?
Kalau untuk esteem 1.6 bagaimana cara stel karburator nya
Kalo esteem 16 stelan angin sebelah mana bos
Posting Komentar